Sabtu, 05 September 2009

Teater Jawa Timur

TEATER JAWA TIMUR
Hai guys,, pa kabar cemuanya…….??
Gimana puasanya,, macih top kan,, “Lanjutkan”. Owya,, nich MAYANG mo bagi-bagi info dari lokasi JawaSsyarkiah,, Nah nie dia….

TEATER JAWA TIMUR....Top Abiezz

Ludruk merupakan salah satu kesenian Jawa Timuran yang cukup terkenallokxzz, yakni seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki. Yang perempuan pada kemana ya he..he.. Saat ini kelompok ludruk tradisional dapat dijumpai di daerah Surabaya, Mojokerto, dan Jombang. Meski keberadaannya semakin dikalahkan dengan modernisasi dan seni-seni modern saat ini.
Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang di gelarkan disebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan dan lain sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik. Dialog/monolog dalam ludruk bersifat menghibur dan membuat penontonnya tertawa, menggunakan bahasa khas Surabaya, meski terkadang ada bintang tamu dari daerah lain seperti Jombang, Malang, Madura, Madiun dengan logat yang berbeda. Bahasa lugas yang digunakan pada ludruk, membuat dia mudah diserap oleh kalangan non intelek (tukang becak, peronda, sopir angkotan, etc). Sebuah pementasan ludruk biasa dimulai dengan Tari Remo dan diselingi dengan pementasan seorang tokoh yang memerakan "Pak Sakera", seorang jagoan Madura. Wah pokoknya asyik n seru bangetss,, Kalau qia nonton nieh,, waw bakal cakit perut karena ketawaaaaa,,So, siapin jay a obat cakit perutnya,, huaaa huaa….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar